Onespace - Bisnis Saya Cocok Nggak Ya Menggunakan Virtual Office?

Bisnis Saya Cocok Nggak Ya Menggunakan Virtual Office?


Onespace Blog - Bisnis Saya Cocok Nggak Ya Menggunakan Virtual Office

Berencana menggunakan Virtual Office untuk bisnis kamu? Tapi masih belum yakin apakah bisnis kamu cocok menggunakan Virtual Office atau tidak.

Yuk simak hasil pencarian Onespace untuk bisnis yang cocok dan boleh menggunakan Virtual Office.

1. Startup: Bidang Teknologi

Startup adalah perusahaan rintisan atau bisa dibilang perusahaan pemula yang umumnya menerapkan dan mengusung teknologi dan inovasi sebagai lingkup yang dikembangkannya.

Biasanya, perusahaan startup memiliki karyawan yang tidak banyak. Kenapa begitu? Karena selain baru mulai berdiri dan sedang merintis, konsep team yang efisien dan dapat bekerja remote dari mana saja, membuat perusahaan startup tidak terlalu membutuhkan ruang/kantor khusus untuk bekerja, sehingga virtual office menjadi solusi yang sangat tepat untuk perusahaan ini karena dianggap murah, praktis, dan efisien.

Namun disisi lain, faktor lokasi juga dapat mendukung nilai plus dalam meningkatkan nilai jual bisnis startup. Berada di lokasi yang strategis, bonafide, membuat pelanggan dan calon investor lebih yakin dengan perusahaan kamu. Oleh karena itu, pilih virtual office nya yang berada di lokasi strategis pusat bisnis ya! 

2. Digital Marketing

Semakin berkembangnya dunia digital di era saat ini, digital marketing menjadi semakin diminati. Setiap bisnis berlomba-lomba mengiklankan produk dan jasanya menggunakan media online, maupun social media.

Namun tidak sedikit yang mahir dibidang tersebut, sehingga peran digital marketing menjadi penting. 

Bisnis seperti ini memerlukan komunikasi yang lancar antara penyedia dan penyewa jasa, namun kedua pihak tidak perlu melakukan pertemuan secara langsung yang sering.

Penyedia dan penyewa jasa dapat berkomunikasi via online saja. Virtual office dapat menjadi solusinya.

Dengan memilih virtual office, penyedia jasa dapat memiliki alamat kantor di zona bisnis strategis dengan harga yang terjangkau, namun tetap dapat berkantor dimana saja.

3. Desain (Design Graphic)

Sama halnya dengan digital marketing, saat ini bidang usaha jasa kreatif juga semakin diminati, salah satunya adalah usaha dibidang Desain Grafis.

Desainer grafis adalah profesi yang menciptakan ilustrasi, tipografi, fotografi, atau grafis motion. Seorang desainer grafis menciptakan karya untuk penerbit, media cetak dan elektronik, seperti brosur dan mengiklankan produk. 

Desainer grafis dapat bekerja dari mana saja, dapat berkumpul maupun bekerja secara virtual dari lokasi masing-masing. Fleksibilitas ini yang membuat desainer grafis dapat menggunakan virtual office.

4. Perdagangan

Di era digital saat ini, pelaku usaha perdagangan tidak harus memiliki toko fisik yang dapat dikunjungi oleh para pembeli, mereka dapat melakukan transaksi dari lokasi mana saja, asalkan tetap terhubung ke internet.

Menjual via marketplace, aplikasi chatting online dan media sosial menjadi media penjualan yang paling diminati saat ini.

Umumnya kantor operasional usaha perdagangan memilih lokasi yang dekat dengan sumber bahan produksi, dekat dengan tenaga kerja, maupun yang memiliki akses terbaik menuju jalur pengangkutan barangnya.

Hal ini dilakukan untuk meminimasi biaya yang terjadi. Untuk tetap memiliki alamat yang strategis di zona bisnis, usaha perdagangan dapat menyewa virtual office, meskipun kantor operasional mereka berada di lokasi lain.

5. Distributor

Distributor atau agen resmi penjualan suatu merek dagang memiliki kewenangan untuk menjual barang dengan merek dagang tersebut ke berbagai channel penjualan, seperti pasar modern, pasar tradisional, retail, marketplace dan channel lainnya.

Distributor dapat memiliki kantor operasional dimana saja, bisa satu lokasi dengan gudang maupun di lokasi lainnya. Agar perusahaan tetap memiliki alamat yang prestisius, distributor dapat menyewa virtual office.

6. Jasa Konsultan

Konsultan merupakan pekerjaan di bidang jasa. Konsultan menawarkan jasa konsultasi di berbagai bidang, sesuai pakar nya.

Konsultasi pun tidak harus dilakukan secara langsung/tatap muka melainkan dapat menggunakan media online, sehingga tidak ada komitmen yang harus dipenuhi dalam hal memiliki kantor fisik. 

Virtual office merupakan pilihan yang tepat terutama bagi konsultan pemula. Virtual office merupakan kantor yang cocok bagi konsultan yang ingin bekerja secara remote, apalagi saat ini hampir semua pekerjaan dapat dikerjakan dan dikelola melalui internet, sehingga kantor hanya dibutuhkan ketika bertemu klien.

7. Law Firm

Virtual office adalah pilihan yang tepat terutama untuk seseorang yang baru memulai praktik sebagai pengacara, karena dengan fasilitas yang lengkap dan murah, pengacara bisa mendapatkan kantor hukum yang profesional.

Dalam UU No. 18 Tahun 2003 tentang Advokat dan Kode Etik Advokat tidak ada ketentuan yang mengatur mengenai kriteria kantor hukum untuk advokat, sehingga seseorang yang telah memenuhi persyaratan dalam UU Advokat dapat menjalankan praktiknya sebagai advokat.

Izin advokat merupakan izin perorangan dan tidak memerlukan izin lain. Hal ini membuat advokat diperbolehkan apabila ingin menjalankan kantor hukumnya di virtual office.

8. Jasa Foto dan Videografi

Penyedia jasa foto dan videografi tidak harus memiliki kantor fisik. Mereka dapat bekerja dari mana saja sesuai dengan lokasi syuting atau pemotretan yang diminta klien.

Mereka umumnya membutuhkan kantor untuk eksistensi saja, dan sesekali meeting dengan klien. Selebihnya untuk proses pengeditan foto dan video dapat dilakukan dimana saja.

Itulah sebabnya usaha jasa foto dan videografi dapat menggunakan virtual office.

Penutup

Itulah beberapa jenis usaha yang cocok dan diperbolehkan menggunakan virtual office. Sebetulnya masih banyak lagi jenis usaha yang diperbolehkan.

Apabila kamu ingin menggunakan virtual office sebagai kantor ataupun domisili usaha, jangan lupa mencari tahu terlebih dahulu ya, apa bidang usaha yang kamu jalankan boleh menggunakan virtual office.

Apakah ada izin lanjutan/izin khusus yang harus dimiliki oleh perusahaan kamu? Apakah izin tersebut diperbolehkan didaftarkan menggunakan alamat virtual office.


Onespace menyediakan pilihan virtual office di berbagai lokasi yang strategis dan jasa pembuatan PT.

Onespace menyediakan teknologi sebagai solusi untuk pencarian virtual office terbaik bagi kamu.

Marketplace virtual office terlengkap di Indonesia dengan 500++ listing di 23++ kota se-Indonesia, kami memiliki fitur scoring system sebagai perbandingan virtual office.

Tunggu apa lagi? Hubungi Onespace sekarang dan temukan virtual office yang sesuai untukmu

Kamu ada pertanyaan?
Silahkan bertanya!