Cara Mendapatkan EFIN Online Anti Ribet! Ikuti Langkahnya


Cara Mendapatkan EFIN Online Anti Ribet! Ikuti Langkahnya

Electronic Filing Identification Number (EFIN) Pajak adalah nomor identifikasi yang dikeluarkan untuk wajib pajak di Indonesia oleh DJP. EFIN terdiri dari 10 digit numerik, nomor ini digunakan untuk mengisi formulir pajak, pembayaran, dan transaksi lain yang terkait dengan perpajakan. Dan EFIN diperlukan untuk pelaporan pajak online dan digunakan untuk mengidentifikasi wajib pajak dan informasinya.

Blog Cara Mendapatkan EFIN Online Anti Ribet! Ikuti Langkahnya

Fungsi EFIN Pajak

Diberlakukannya EFIN tentu memberikan dampak positif bagi sistem administrasi perpajakan Indonesia. Berikut beberapa manfaat diterbitkannya EFIN untuk wajib pajak:

  • Sebagai alat pengaman dalam pengiriman dan penerimaan berkas pajak secara elektronik. Dengan adanya kode identifikasi ini, wajib pajak dapat memastikan bahwa data dan informasi yang mereka kirimkan kepada otoritas pajak tidak dapat diakses atau dimanipulasi oleh pihak yang tidak berwenang. Ini memberikan tingkat keamanan yang lebih tinggi dalam proses pertukaran informasi pajak antara wajib pajak dan pihak berwenang.

  • Wajib Pajak dapat mengajukan laporan pajak melalui platform elektronik yang disediakan oleh DJP, seperti e-Filing atau Aplikasi e-SPT, tanpa harus antre di KPP.

  • Mempermudah proses administrasi perpajakan. Dengan memiliki EFIN, wajib pajak dapat mengakses sistem elektronik perpajakan yang memungkinkan mereka untuk mengisi dan mengirimkan berkas pajak secara online. Hal ini akan menghemat waktu dan tenaga wajib pajak dalam proses pelaporan pajak tahunan atau periode tertentu.

  • Memantau dan memeriksa kepatuhan perpajakan. Otoritas pajak dapat melacak dan memverifikasi berkas pajak yang diajukan oleh wajib pajak dengan menggunakan EFIN. Hal ini membantu meningkatkan transparansi dan akurasi pelaporan pajak, serta memberikan landasan bagi pihak berwenang untuk melakukan audit atau pemeriksaan lebih lanjut jika diperlukan.

Blog Cara Mendapatkan EFIN Online Anti Ribet! Ikuti Langkahnya (FORM EFIN)

Cara Mendapatkan EFIN Secara Online

Berdasarkan ketentuan pada Pasal 2 dari Peraturan Direktur Jendral Pajak Nomor PER-04/PJ/2015 tentang Pengamanan Transaksi Elektronik Layanan Pajak Online, wajib pajak diharuskan mengajukan permohonan pembuatan EFIN menggunakan formulir yang formatnya sudah diatur dan melengkapi lampiran yang sudah dipersyaratkan.

Untuk permohonan EFIN saat ini bisa dilakukan pengajuan secara online melalui email PT atau email Direktur, sehingga proses EFIN bisa lebih cepat. EFIN akan dikirimkan via email sesuai dengan email yang didaftarkan. Berikut adalah persyaratan permohonan EFIN Badan :

1. Mengirimkan email dengan subject email : Permohonan Aktivasi/Cetak Ulang EFIN Badan

2. Isin badan email :

Sehubungan dengan permohonan aktivasi EFIN badan melalui email, terlampir data-data yang diperlukan :

- Nama Badan :

- NPWP Badan :

- Email :

- No. Telp :

- Nama Pengurus :

- NPWP Pengurus :

- NIK :

Beserta email ini, saya lampirkan:

- Form Aktivasi EFIN

- Foto NPWP Badan

- Foto KTP dan NPWP Pengurus

- Swafoto/Selfie Pengurus memegang KTP dan NPWP 

- Scan akta pendirian dan perubahan terakhir Badan (jika ada)

3. Email dikirimkan ke alamat email KPP masing-masing dimana NPWP Pribadi atau PT terdaftar.

 

Mudah kan? jadi tidak ada alasan lagi untuk tidak proses EFIN perusahaan kalian ataupun EFIN Pribadi. Yuk sama-sama menjadi wajib pajak yang taat pajak.

Kamu ada pertanyaan?
Silahkan bertanya!