Onespace Blog - Kantor: pengertian dan Jenisnya

Kantor: Pengertian dan Jenisnya


Blog Onespace Pengertian Kantor

Apa sih sebenarnya pengertian kantor? Pengertian kantor menurut KBBI, kantor adalah balai (gedung, rumah, ruang) tempat mengurus suatu pekerjaan atau juga disebut tempat kerja. Menurut Moekijat (2008), kantor adalah setiap tempat yang biayanya dipergunakan untuk melaksanakan pekerjaan tata usaha, dengan nama apapun juga tempat tersebut mungkin diberikan. Dan menurut Prajudi Atmosudirjo, kantor adalah unit organisasi terdiri atas tempat, staff personel dan operasi ketatausahaan guna membantu pimpinan.

Jenis-Jenis Kantor

Berikut ini adalah beberapa jenis kantor yang dapat kamu gunakan untuk menjalankan bisnismu yang tentunya punya banyak keuntungan.

1. Serviced Office

Blog Onespace Pengertian Kantor - Serviced Office

Serviced office adalah ruang kerja pribadi yang dapat kamu gunakan untuk mendukung aktivitas kerja kamu dan tim sehari-hari. Serviced office umumnya sudah dilengkapi dengan fasilitas kantor, dengan begitu kamu tidak perlu untuk membeli perlengkapan kantor seperti meja, kursi, ac dan lain-lain. Selain itu, biasanya serviced office juga sudah menyediakan internet, saluran telepon hingga akses meeting room.

Kapasitas yang ditawarkanpun beragam dari 1 - 8 orang, cocok untuk kamu yang baru memulai bisnis dan ingin memiliki kredibilitas tinggi dengan memiliki kantor di lokasi yang prestisius, serviced office bisa menjadi pilihan. Keuntungan lainnya yang bisa kamu dapatkan jika menggunakan serviced office, antara lain:

1. Surat keterangan domisili perusahaan.

Surat keterangan domisili berlaku sesuai dengan masa sewa dan perjanjian yang telah disepakati.

2. Peralatan Lengkap (Full Furnished)

Dengan disediakannya peralatan kantor yang lengkap kamu bisa mengalihkan dananya untuk mengembangkan bisnismu atau untuk keperluan promosi

3. Ruangan yang bisa disesuaikan dengan jumlah karyawan.

Pilihan dari service office inipun beragam, dari 1 - 8 orang, jadi tidak perlu khawatir akan space yang terlalu kecil atau terlalu besar karena bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan.

4. Telah dilengkapi internet, saluran telepon, resepsionis dan cleaning service.

Adanya fasilitas yang lengkap tentunya akan sangat membantu dan mempermudah jalannya bisnismu karena tidak perlu untuk memikirkan kerapihan kantor, layanan internet dan lain sebagainya.

5.Tidak ada biaya maintenance.

Karena hanya menyewa ruangan khusus kamu tidak perlu mengeluarkan biaya maintenance seperti kantor konvensional.

6. Memiliki akses meeting room.

Fasilitas meeting room juga bisa kamu gunakan untuk bertemu dengan rekan bisnis ataupun meeting bersasma tim.

2. Virtual Office

Blog Onespace Pengertian Kantor - Virtual Office

Kantor virtual atau biasa disebut virtual office adalah layanan sewa kantor secara virtual atau dengan kata lain para penyewa hanya berhak atas alamat dari kantor tersebut tapi tidak mempunyai ruangan khusus di kantor tersebut. Keuntungan dari menggunakan virtual office antara lain:

1. Menghemat Biaya Operasional

Dengan menyewa virtual office kamu tidak perlu menyewa kantor fisik dan sangat bisa menekan biaya operasional seperti, tidak perlu membayar listrik, internet, dan air. Selain itu kamu juga tidak perlu untuk mempekerjakan karyawan di bagian resepsionis dan keamanan.

Oleh karena itu, kamu bisa mengalihkan biaya operasional tersebut untuk mengembangkan bisnis kamu dalam hal promosi atau untuk kebutuhan lainnya. Banyak pengusaha jasa pembuatan pt menggunakan virtual office.

2. Meningkatkan produktivitas

Konsep virtual office ini sangat cocok untuk kamu yang seringkali merasa bosan jika harus bekerja di kantor terus menerus, karena tidak perlu ke kantor fisik kamu bisa bekerja dari mana. Seperti di cafe saat menunggu anak sekolah, di rumah, di hotel saat staycation ataupun tempat wisata.

Dengan waktu kerja dan lokasi yang bebas kamu pilih, diharapkan produktivitas pun meningkat dan memberikan dampak yang baik untuk bisnis kamu.

3. Menghemat Waktu dan Mengurangi Resiko Stress

Untuk kamu yang masih menggunakan virtual office patutlah bersenang hati, karena tidak perlu terjebak macet setiap hari untuk datang ke kantor. Dengan terhindar dari macetnya jalanan kamu bisa sedikit mengurangi resiko stress loh!

3. Coworking Space

Blog Onespace Pengertian Kantor - Coworking Space

Coworking space adalah ruang kerja yang digunakan secara bersama-sama dan terbuka dengan pengguna lainnya, baik individu atau pun perusahaan. Karena digunakan oleh banyak orang dan dari berbagai profesi, coworking space ini sangat cocok untuk kamu yang ingin memperluas jaringan dan mencari peluang baru.

Contoh penyewa coworking space adalah enterpreneur, freelancer, startup hingga mahasiswa/pelajar.

Coworking space punya banyak manfaat yang besar, baik itu untuk individu atau kelompok. Bagi kamu yang sering datang ke coworking space, kenali beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan berikut ini!

1. Memperluas Networking

Tidak seperti berkantor pada umumnya, di coworking space kamu bisa bertemu banyak orang dari berbagai bidang dan tipe pekerjaan. Sehingga kamu bisa punya kesempatan besar untuk  memperluas jaringan dan berbagi pengalaman dengan mereka.

2. Lebih Nyaman

Dibandingkan bekerja di cafe coworking space lebih nyaman dan memberikan suasana kerja yang lebih kondusif dan kreatif dan dapat meningkatkan produktivitas kerja.

3. Hemat

Biaya sewa yang relatif lebih murah dibandingkan sewa kantor lainnya dan coworking soace juga bisa disewa secara harian hingga bulanan

4. Fleksibilitas

Fleksibilitas dari segi waktu kerja ataupun lokasi. Kamu bebas memilih ingin bekerja dimanapun dan kapanpun. Jika tidak ingin bekerja dari pagi? Bisa-bisa saja datang dari siang sampai jam operasional berkahir.

Nah, itu dia penjelaasan menganai kantor dan juga jenis-jenis kantor. Buat kamu yang ingin untuk menyewa virtual office silahkan klik link ini ya! Semoga membantu kamu untuk menetukan tipe kantor mana yang akan digunakan.

Kamu ada pertanyaan?
Silahkan bertanya!