Onespace - Tetap Produktif Bekerja Meskipun Menggunakan Virtual Office

Tetap Produktif Bekerja Meskipun Menggunakan Virtual Office


onespace-id-tetap-produktif-bekerja-meskipun-menggunakan-virtual-office

Sebagai upaya perlindungan dan pencegahan penularan kasus Covid-19 yang saat ini terus meningkat dan mengkhawatirkan, solusi penggunaan virtual office menjadi salah satu alternatif untuk tetap menjalankan bisnis.

Dengan menggunakan virtual office, pengusaha dapat memiliki fasilitas kantor meskipun bekerja dari mana saja, termasuk bekerja dari rumah.

Dari segi biaya operasional, menggunakan virtual office dapat menghemat biaya operasional kantor hingga 90%, sedangkan dari segi fleksibilitas, dengan memiliki virtual office team tidak harus bekerja dari kantor karena tidak memiliki beban untuk menempati kantor yang sudah di sewa dengan biaya tertentu.

Sehingga menggunakan virtual office menjadi sangat menguntungkan baik bagi pengusaha pemula maupun yang sudah berpengalaman. 

Mungkin banyak dari pengusaha yang ragu, apakah dengan berkantor menggunakan virtual office team anda dapat tetap bekerja secara produktif? Tentu bisa.

Yuk kita simak apa saja tips tetap produktif bekerja meskipun menggunakan virtual office.

1. Memiliki Komitmen dan Kesepakatan untuk Tetap Bekerja Serius Meskipun Tidak Hadir ke Kantor Fisik

Saat bekerja dari rumah, tentunya atasan tidak dapat optimal dalam pengontrolan secara langsung apakah team nya bekerja sesuai yang diharapkan, atau seperti yang biasa dikerjakan di kantor. 

Oleh karena itu diperlukan adanya komitmen dan kesepakatan antara atasan/pemimpin dengan team nya, meskipun bekerja dari rumah tetap harus serius layaknya hadir bekerja secara fisik di kantor.

Perlunya pemahaman dari team, bahwa bekerja dari rumah bukan berarti libur, melainkan hanya berpindah lokasi. Sedangkan tanggung jawab pekerjaan tetap harus dilaksanakan.

2. Mengatur Jam Kerja Sesuai Jam Kerja di Kantor

Bekerja dari rumah bukan berarti dapat menentukan jam kerja sesuka hati. Tetapkan pada team anda bahwa meskipun bekerja dari rumah, perlu tetap mengatur jam kerja seperti saat bekerja di kantor.

Hal ini dilakukan untuk menjaga produktivitas yang biasa dilakukan saat jam kerja dan dapat menjaga komunikasi dengan lebih efektif. 

Sebagai contoh, jika ia bekerja terlalu sore sedangkan team nya atau klien nya tidak bekerja di jam tersebut, maka komunikasi akan menjadi kurang efektif, mungkin saat telepon tidak diangkat, email tidak langsung di balas oleh yang bersangkutan karena sudah diluar jam kerja, sehingga pekerjaan sangat mungkin bisa tertunda.

3. Mengatur Komunikasi dengan Team

Jika dikantor fisik berkoordinasi dengan team sangatlah mudah karena dapat berdiskusi langsung, sangat mungkin jika bekerja dari rumah komunikasi menjadi kurang lancar.

Selalu terhubung dengan komunikasi digital seperti telepon, video call, chat maupun email menjadi solusinya. 

Selalu berkabar mengenai apa yang sedang atau telah anda kerjakan kepada atasan/rekan kerja anda, dan sebaliknya selalu bertanya jika membutuhkan informasi mengenai sesuatu sangatlah penting agar proses kerja tetap berlangsung secara optimal. 

Melakukan rapat koordinasi rutin harian secara virtual juga dapat menjadi solusi berkoordinasi dengan team agar pekerjaan tetap lancar.

Dengan melaksanakan rapat rutin harian, manfaat yang anda dapatkan bukan hanya mengetahui pekerjaan yang dilakukan team anda.

Tapi anda juga dapat langsung memastikan pesan/pekerjaan yang ingin anda sampaikan kepada team anda sudah diterima dan sesuai dengan yang anda maksudkan sehingga mencegah miskomunikasi.

4. Membuat Daftar Pekerjaan

Tidak dapat dipungkiri bahwa bekerja dari rumah akan lebih banyak distraksi/gangguan dibandingkan bekerja dari kantor. Jika tidak mengatur waktu dengan baik, maka sangat mungkin pekerjaan menjadi terbengkalai.

Oleh karena itu perlu untuk membuat daftar pekerjaan harian. Dengan menggunakan daftar pekerjaan, kerja anda akan menjadi lebih terstruktur dan dapat terlaksana sesuai jadwal.

Saat anda menyusun daftar pekerjaan, anda lah yang dapat mengatur sendiri berdasarkan prioritas, tingkat kesulitan, waktu pengumpulan, dan lainnya. Produktivitas kerja anda akan terjaga jika anda mematuhi daftar yang anda buat tersebut.

5. Menyiapkan Ruangan atau Spot Khusus Bekerja dari Rumah

Suasana rumah tentunya lebih terasa nyaman dan rileks dibandingkan dikantor. Hati-hati karena inilah yang terkadang menjadikan anda lebih terasa malas dan kurang produktif jika bekerja dari rumah.

Oleh karena itu penting sekali untuk menyiapkan ruangan atau spot khusus bekerja dari rumah agar bekerja dapat menjadi lebih fokus.

Buatlah suasana yang santai namun tetap serius, gunakan kursi dan meja yang nyaman untuk bekerja dalam waktu yang lama.

Ruangan atau spot khusus ini juga dapat secara tidak langsung membatasi urusan pribadi dan pekerjaan anda. 

6. Menggunakan pakaian rapi dan tetap berhias meskipun bekerja dari rumah

Bekerja dirumah dapat lebih santai karena tidak perlu memakai baju rapi/resmi karena mungkin tidak terlihat oleh rekan kerja/atasan anda.

Namun percayakah anda, jika menggunakan pakaian rapi dan tetap berhias meskipun dirumah juga akan menjadikan anda menjadi lebih bersemangat dan fokus dalam bekerja. 

Coba bandingkan, jika anda bekerja menggunakan daster dibandingkan menggunakan kemeja saat dirumah, suasana dan semangatnya pasti akan berbeda.


Silahkan coba keenam cara diatas untuk menjaga produktivitas anda dan team meskipun bekerja dari rumah. Enam tips diatas adalah tips sederhana yang bisa anda terapkan secara sederhana dirumah.

Nantikan bahasan lanjutan dari Onespace mengenai aplikasi yang bisa digunakan untuk mendukung produktivitas kerja anda dan team meskipun bekerja dari rumah saja.

Yuk, tetap sehat dan produktif selama masa pandemi!

Kamu ada pertanyaan?
Silahkan bertanya!